Blogger Widgets

Sabtu, 07 November 2015

KONSEP MANAJEMEN PELAYANAN BK

A.    Pengertian manajemen
Pengertian manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.
pengertian manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan pengguna sumber daya-sumberdaya oerganisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan (Sondang P Siagian: 2012).
B.     Fungsi manajemen
Fungsi manajemen terdiri dari (Terry George R & Rue Leslie W, 2011):
1.      Planning:
a.       Self audit: menentukan keadaan sekarang
b.      Survey lingkungan
c.       Menentukan tujuan objektif
d.      Forecast: ramalan keadaan-keadaan yang akan datang
e.       Melakukan tindakan-tindakan dan sumber pengarahan
f.          Evaluate: pertimbangan tindakan-tindakan yang diusulkan
g.      Ubah dan sesuaikan rencana-rencana sehubungan dengan hasil-hasil pengawasan dan keadaan-keadaan yang berubah-ubah
h.      Communicate: berhubungan terus selama proses perencanaan
2.      Organizing:
a.       Identity: tetapkan dengan teliti dan tentukan pekerjaan yang akan dilaksanaan
b.      Break work down: bagi-bagi pekerjaan setiap orang
c.       Tugas-tugas kelompok menjadi posisi-posisi
d.      Tentukan persyaratan-persyaratan setiap posisi
3.      Memotivasi:
a.       Pujian
b.      Tegur sapa
c.       Dll
4.      Pengawasan:
a.       Monitor hasil-hasil dan bandingkan dengan ukuran-ukuran
b.      Perbaiki penyimpangan-penyimpangan
c.       Ubah dan sesuaikan cara pengawasan sesuai
d.      Kondisi

Fungsi manajerial (Sondang P Siagian: 2012):
1.      Perencanaan
2.      Pengorganisasian
3.      Penggerakan
4.      Pengawasan
5.      Penilaian
C.     Peran meneger
Peran meneger (T Hani Handoko: 2011):
1.      Peran antar pribadi:
a.       Pemuka simbolis: misalnya menerima dan menjamu tamu dll
b.      Pemimpin: mengatur, mendidik, memimpin, memberikan motivasi, bimbingan, nasehat dan lain-lain
c.       Perantara: misalnya yang berhubungan dengan pihak luar
2.      Peran informasional:
a.       Monitoring aliran informasi
b.      Penerus informasi:
c.       Negotiator: perundingan dengan pihak lain.
d.      menyebarkan keputusan-keputusan baru
e.       Perwakilan:  misalnya ikut seminar dan lain-lain
3.      Peran pembuatan keputusan:
a.       Wiraswasta: inisiatif dan kreatif
b.      Penangkal kesulitan: penanggulangan pemogokan, pembatalan kontrak, penampungan keluhan dan kekurangan bahan.

c.       Pengalokasian sumberdaya: kepada siapa, kapan, untuk siapa dan lain-lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar